IAIN Padangsidimpuan Perkuat Mutu  Lewat Pelatihan Auditor

Para peserta pelatihan auditor mengikuti berbagai sesi ujian

Kamis, (21/10/2021) Lebih dari 25 Dosen dari IAIN Padangsidimpuan mengikuti pelatihan auditor, yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Bertempat di Aula Biro IAIN Padangsidimpuan, kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yakni tanggal 21-22 Oktober 2021 dan pelatihan ini memiliki bobot teori dan praktek.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga (Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag), beliau menyampaikan pelatihan ini bertujuan guna meningkatkan profesionalisme auditor dalam rangka menjalankan tugas-tugasnya atas pelaksanaan kegiatan supaya bekerja secara maksimal, efeisien, dan efektif. Dalam pelatihan ini LPM menghadirkan Nasaraumber dari Tim Penjaminan Mutu Kemristekdikti yaitu Prof. Dadan Ramdan, M.Eng., M.Sc (Universitas Medan Area) dan Dr. Ir. Darwin, S.T., M.Pd (Universitas Negeri Medan).

Sementara itu, Drs. H. Samsuddin, M.Ag selaku Ketua LPM menjelaskan pelatihan ini sebagai upaya untuk memperbanyak jumlah auditor yang kompeten yang diharapkan dapat meningkatkan hasil laporan AMI menjadi lebih baik dan memiliki komitmen untuk meningkatkan budaya mutu.

Diawal pelatihan diberikan pretest bagi para calon peserta sebagai tolak ukur penilaian sebelum diberikan materi-materi pelatihan yang berupa: Kebijakan Nasional Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Kebijakan SPMI, Teori dan Perencanaan Audit Mutu Internal dan Teori Pelaksanaan AMI dan Penyusunan Daftar Tilik serta diadakan praktek simulasi lapangan, serta diakhir sesi pelatihan dilaksanakan kembali postest guna mengetahui tingkat pemahaman setelah pemaparan materi materi. (lan.lpm_iainpsp)