LPM Mendampingi Persiapan Asesmen Lapangan (AL) Daring Prodi Hukum Pidana Islam

Sabtu (28/11/2020); Menyikapi masa Pandemi Covid-19 dengan mengikuti kebijakan Social Distancing dari pemerintah dan pembatasan kegiatan berkumpul dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, maka BAN-PT telah menetapkan serta menerbitkan bentuk Panduan Asesmen Lapangan (AL) secara daring. Panduan tersebut digunakan untuk Program Studi yang akan melaksanakan Visitasi Akreditasi Lapangan secara daring (online). IAIN Padangsidimpuan akan melaksanakan Visitasi Akreditasi Online untuk Program Studi Hukum Pidana Islam pada Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum.

Visitasi Akreditasi Online untuk Prodi Hukum Pidana Islam akan dilaksanakan di hari yang sama dengan Prodi Bimbingan Konseling Islam yaitu Jumat s.d Sabtu tanggal 04 s.d 05 Desember 2020 bertempat di Ruang Akreditasi Program Studi. Tim Asesor BAN-PT yang ditunjuk untuk assesmen Program Studi Hukum Pidana Islam adalah Dr. M. Nurul Irfan, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan Dr. Sri Lumatus Sa’adah, S.Ag., M.H.I dari IAIN Jember. Aplikasi yang digunakan pada Visitasi Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) ini adalah Zoom, dengan pelaksanaan dilakukan di ruangan namun tetap mentaati protokol kesehatan dari Pemerintah yaitu jarak duduk, penggunaan masker, cuci tangan dan tersedianya handsanitizer.

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Padangsidimpuan melakukan pendampingan serta pengecekan untuk melihat progress kesiapan dan kelengkapan dokumen Softcopy Program Studi Hukum Pidana Islam yang telah disiapkan oleh tim Akreditasi Prodi Pada hari Sabtu, 28 November 2020. Pendampingan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris dan Ka. Pusat Audit & Pengendalian Mutu Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Padangsidimpuan Bapak Ahmatnijar, M.Ag. dan Bapak Fauzi Rizal, M.A. Pendampingan ini juga diikuti oleh Pimpinan Program Studi Hukum Pidana Islam serta Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dan dihadiri oleh segenap dosen pegawai yang bertugas dan berpartisipasi. Secara keseluruhan acara berlangsung lancar, tim membagi teknis serta mencoba mengantisipasi segala kesalahan kecil yang mungkin bisa terjadi. Kita semua berharap serta mendoakan agar Prodi Hukum Pidana Islam dan Prodi Bimbingan Konseling Islam diberikan kemudahan dalam menjawab segala pertanyaan oleh asesor serta diberikan nilai terbaik, pungkas Tim LPM. (lpm/iky)